Cari Blog Ini

Senin, 18 Januari 2016

7 Fakta menarik mengenai Donor Darah"


Donor darah bukanlah hal yang baru kita dengar, sudah banyak sekali rekan-rekan, sanak family dan siapapun juga mengupdate status donor nya di media social, berikut adalah beberapa fakta menarik seputar Donor Darah.


1. Donor darah merupakan sunah Nabi Muhammad S.A.W, zaman nabi dulu disebut bekam, yaitu tehnik membuang darah kotor untuk membuang penyakit biasanya diambil dibeberapa bagian tubuh, hebat nya zaman sekarang darah tersebut yg kalau anda donor darah diambil di pembuluh nadi bisa diambil, diolah dan di pilah berdasarkan komponen darah untuk digunakan bagi yang membutuhkan. disamping membuang darah kotor, kita juga bisa membantu orang lain yang membutuhkan dan mendapatkan pahala juga, karena sedekah darah merupakan sedekah yang tidak bisa dinilai melalui materi apapun terlebih kalau kita ikhlas. ada beberapa artikel yang penulis baca bahwa dengan ikhlas hati akan tenang, kalau tenang diri akan berbahagia dan kalau berbahagia seorang akan produktif dan kualitas hidupnya akan positif, positif untuk orang lain dan diri sendiri.

2. Donor darah sebagai media pemeriksaan penyakit yang murah dan ekonomis, tahu gak kawan2" kalau kawan2 pada saat kita donor, akan diambil beberapa cc darah untuk pemeriksaan 4 penyakit yg menular melalui cairan, antara lain : Hepatitis B, Hepatitis C, Sifilis dan HIV yang apabila kawan2 reaktif akan di informasikan secara rahasia melalui surat untuk konseling di PMI, bayangkan kalau periksa nya di rumah sakit atau lab itu kira2 butuh 2 sampai 3 juta loh, klo donor darah gratis.

3. Donor darah membuat kita disiplin menjaga pola makan, pola hidup sehat. Kenapa ? Karena pada saat kawan2 mau donor darah, kawan2 pasti di cek HB (Hemoglobin), tekanan darah dan dapat konsultasi gratis dari dokter yang berpengalaman. Dengan disiplin akan mengontrol diri kita untuk selalu sehat. Kalau kawan-kawan sebelum donor ternyata tensi atau HB nya tidak normal, biasanya petugas akan membatalkan donor darahnya dan kawan-kawan akan diberikan tips-2 baik makanan, pola hidup sehat dll sehingga kawan-kawan dapat kembali ke PMI dengan kondisi yang berbeda, lebih baik dan sehat pastinya.

4. Darah adalah salah satu komponen tubuh kita yang belum bisa tergantikan oleh cairan apapun di dunia ini, ilmuwan diseluruh dunia hingga kini masih meneliti dan hasilnya, belum ada 1 cairan pun di dunia ini yang dapat menggantikan peranan cairan yang bernama Darah. begitulah kebesaran Allah S.W.T yang telah menciptakan mahluknya dengan sangat sempurna dan unik satu sama lain.


5. Gol Darah, siapa yg tidak tahu golongan darahnya sendiri? Klo ga tahu berbahaya kawan, kita ga pernah menduga apa yang akan terjadi dengan diri kita di masa-masa medatang, dengan mendonor darah kita bisa tahu apa golongan darah kita, apa resus kita? + atau - jika sewaktu-waktu kita kecelakaan atau butuh transfusi, kita bisa informasikan ke orang terdekat. klo dahulu pernah belajar bahwa gol darah ada A,B,AB dan O. dahulu darah AB bisa ditransfusikan kemana saja, ternyata ilmu pengetahuan sudah berkembang dan sudah ditemukan bahwa masing-masing komponen darah harus ditransfusikan ke komponennya masing-masing, A=A, AB=AB dst serta ditemukan komponen spesifik di darah bernama resus, secara umum manusia di bagi menjadi 2 resus, negatif dan positif, kita orang indonesia pada umumnya ber resus positif hanya sebagian kecil yang berresus negatif.

6. Mendonor darah ternyata tidak membatalkan puasa, fakta yg satu ini sudah di buktikan dengan dikeluarkannya fatwa MUI bahwa donor darah pada saat berpuasa sama sekali tidak membatalkan namun malah dianjurkan, dikarenakan sifat sukarela nya maka nilai pahala yang terkandung saat kita mendonorkan darah pada saat berpuasa akan dilipatgandakan dibandingkan pada saat normal, namun bukan berarti kita hanya donor pada saat berpuasa, namun dianjurkan untuk mendonorkan darah kita pada saat jadwal donor tiba,


7. Donor darah sebagai gaya hidup, moto yg diusung pak Jusuf Kalla selaku Ketum PMI, bukan asal bicara tanpa dasar, gaya hidup masa kini adalah trendy, eksis dan sehat, bagaimana bisa trendy, sporty dan eksis tanpa sehat, nonsense" banyak loh yg mendonorkan darahnya trus mereka selfie dengan jarum suntik menempel di lengan nya, atau sambil memegang kantong darah di tangannya, keren eksis dan sehat.

Demikian ulasan penulis mengenai fakta di balik donor darah, penulis sendiri sudah mendonorkan darahnya sejak tahun 1997, dan kini sudah mencapai donor darah ke 88 kali, so.. kenapa ga dimulai dari sekarang, kenapa ga mulai dari diri sendiri, menjadi pendonor darah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar